5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
|
Engagement
|
· Guru
memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
· Guru melakukan
demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa
diminta memperhatikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan
materi Gelombang Transversal
|
Communication
Komunikasi
terjadi ketika guru memberikan link aplikasi
pHet kepada siswa
Collaborative
Membangun
kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
|
Exploration
|
Siswa
(dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru
dan mencatat hasilnya
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing
siswa membuka link aplikasi pHet
tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical
Thinkink
Proses
Critical Thinkink terjadi ketika
siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data
Creativity
Siswa
dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya:
siswa memodifikasi amplitude gelombang
|
Explanation
|
Siswa
menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadi ketika
masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melalui forum diskusi
online
|
Elaboration
|
Siswa
mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya:
menjelaskan kejadian pada tetesan air
|
Communication
dan Critical
Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi online
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
1. Jelaskan
apa pengertian dari model pembelajaran Cycle
Learning 5E ?
2. Jelaskan
peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran
Cycle Learning 5E ?
3. Bagaiamna
peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
4. Bagaimana
peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada
siswa ?
5. Jelaskan
bagaimana komunikasi (Communication)
yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Good
BalasHapus1. Learning cycle 5E adalah model pembelajaran terdiri dari beberapa tahap sehingga siswa mampu menguasai kompetensi yang harus di capai
BalasHapus2.keterampilan 4C digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa untuk tiap tahap pada model learning cycle 5E
3. Guru sebagai stimulator untuk membangun kepercayaan diri siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
4. Guru akan memberi contoh dan menstimulasi pemikiran siswa
5. Komunikasi dilakukan ketika siswa mengeluarkan pendapat masing-masing di forum diskusi, sementara siswa lain menanggapi
Terimakasih
Hapus1. Learning cycle 5E adalah model pembelajaran terdiri dari beberapa tahap sehingga siswa mampu menguasai kompetensi yang harus di capai
BalasHapus2.keterampilan 4C digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa untuk tiap tahap pada model learning cycle 5E
3. Guru sebagai stimulator untuk membangun kepercayaan diri siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
4. Guru akan memberi contoh dan menstimulasi pemikiran siswa agar siswa dapat berfikir secara kritis
5. komunikasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan pertanyaan yang dapat membagung ide ide pikiran
Terimakasih
HapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campb
BalasHapusTerimakasih
Hapus1. Pembelajaran 5E mrupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa
BalasHapus2.untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah
3.guru sebagai fasilitator dan motivator
4. Dengan cara guru mengajukan pertanyaan tentang proses faktual dalam kehidupan sehari hari
5. Komunikasi
Terimakasih
Hapus1. Model siklus belajar 5E merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada filsafat konstruktivisme (Sadia,2014: 23).
BalasHapus(Deviani asri),saya akan me coba menjawab pertanyaan dek Firda untuk no 3 yaitu peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi(Collaborative) dalam kelompok kecil yaitu dengan cara siswa memberikan contoh kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan gelombang transversal kedalam diskusi online.
BalasHapusTerimakasih
Hapusjwab nmor 1
BalasHapusLearning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).
Terimakasih
HapusLearning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).
BalasHapusTerimakasih
HapusJelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
BalasHapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya
Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.
Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campbell dalam Tuna & Kacar, 2013).
BalasHapus-Pembelajaran siklus 5e adalah pembelajaran yg berpusat pada siswa
BalasHapus-keterampilan basic 4C digunakan pada tiap tahap dalam pembelajaran siklus 5E
-dalam pembelajaran sisklus 5E guru berperan sebagai fasilitator,motivator dan stimulator
Learning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).
BalasHapusPertanyaan ke 5 yah.. Agak bingung juga maksudnya komunikasi berupa dialog kah yang dimaksud.. kalau mengkomunikasikan dalam prises pembelajaran itu intinya bukan beruba dialog saja tetapi penyampaian suatu hasil yang di dapat dari pembelajaran yang di peroleh, boleh secara langsung inline ataupun offline, intinya sesuatu yang ingin di sampaikan berupa hasil pembelajaran dapat tercapai... Just it my love 😘
BalasHapusHalo kak Firrda, dian akan menjawab pertanyaan no 5
BalasHapusommunication merupakan salah satu elemen dalam keterampilan 4C, yang mana siswa dan guru melakukan interaksi secara timbal balik dalam pembelajaran yang sedang berlangsung melalui sosial media atau website pembelajaran dalam dunia maya atau online tanpa melakukan tatap muka secara langsung.
Menumbuhkan proses berpikir kritis terhadap siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara menggunakan metode belajar yang meningkatkan keaktifan siswa misal seperti kooperative learning seperti investigasi kelompok dan untuk mengkomunikasikannya secara online siswa dapat menggunakan sistem streaming online
BalasHapusModel pembelajaran Cycle Learning 5E adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membangun pemahaman peserta didik melalui pendekatan konstrukstivis sehingga peserta didik terlibat aktif dalam mencapai kompetensi-kompetensi dari suatu pelajaran dengan beberapa rangkaian yang terdiri atas Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration dan Evaluation
BalasHapus1. Model siklus belajar 5E merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada filsafat konstruktivisme (Sadia,2014: 23).
BalasHapusBalas
Peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil adalah guru bisa sebagai stimulator untuk membangun kepercayaan diri siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
BalasHapus